Google Plus atau Google+ dan pengaruhnya terhadap Online Marketing di bisnis Anda

Posted by on May 31, 2013 in Blog | 0 comments

Baru 3 minggu dari peluncurannya, pengguna Google Plus telah melebihi dari 18juta. Angka ini sangat luar biasa, apalagi Google+ ini masih dalam taraf trial (belum sepenuhnya terbuka 100% untuk umum).

Peluncuran Google plus ini tentu akan memberikan dampak tertentu dalam strategi online marketing untuk para pebisnis tentunya.

Coba kita lihat bersama 2 pilar utama yang biasa digunakan oleh pebisnis dalam strategi online mereka, yaitu:  SEM (search engine marketing) , dan SMM (sosial media marketing).

1. Search Engine Marketing (Marketing menggunakan situs pencari)

  • Yang paling populer adalah Google, Bing, dan Yahoo
  • Dapat menggunakan strategi Traffic Organik (traffic gratis) dengan Search Engine Optimization
  • Dapat menggunakan strategi Traffic Berbayar (pay per click)

2. Social Media Marketing (Marketing menggunakan situs jejaring sosial)

  • Yang paling populer adalah Facebook, YouTube, Twitter
  • Dapat menggunakan berbagai fitur viral (traffic gratis) dengan Sosial Media Optimization (SMO)
  • Dapat menggunakan strategi Iklan berbayar (sosial ads)
Dengan peluncuran Google+ sebagai sosial media yang terintegrasi dengan Google (yang sudah mendominasi pasar search engine), maka aturan main online marketing terutama yang berhubungan dengan google secara pasti akan mengalami perubahan seperti berikut:
  1. Google +1 akan berpengaruh terhadap ranking search engine, dan iklan di Adwords (coba cari keyword di google, maka akan terlihat ada +1 di iklan Adwords)
  2. Penggukuran aktivitas sosial media juga makin mudah dan terintegrasi dengan Tools dari Google seperti Google Analytics, dan Google Webmaster Tool
  3. Google+ sebagai sosial media juga akan memiliki Fans dan Pengikutnya yang cukup besar juga, karena Google sudah memiliki pengguna Gmail yang besar yaitu lebih dari 160juta

Perubahaan ini akan memberikan peluang dan kesempatan baru untuk pebisnis. Jika Anda termasuk terlambat masuk Facebook dan Twitter sebelumnya, maka kali ini, Anda bisa menjadi yang lebih dulu memanfaatkan Google+ untuk bisnis.

Panduan Google+ untuk pebisnis bisa di download disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>